1. Orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, mengatur permodalan serta memasarkannya, disebut ....
a. Komisaris
b. Kewirausahaan
c. Manager
d. Wirausaha*
e. Pmegang Saham
2. Yang bukan merupakan dampak positif dari kewirausahaan adalah ....
a. Mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat
b. Bersikap konsumtif dan boros*
c. Menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat
d. Sumber devisa bagi pemerintah
e. Memanfaatkan sumber-sumber bahan baku yang ada
3. Kemampuan seseoranguntuk menghasilkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, disebut ....
a. Inovatif
b. Produktif
c. Kreatif*
d. Posesif
e. Konsumtif
4. Kemampuan untuk memperbaiki, memodifikasi, dan mengembangkan sesuatu yang sudah ada, disebut ....
a. Keatif
b. Posesif
c. Inovatif*
d. Konsumtif
e. Produktif
5. Dibawah ini yang bukan merupakan syarat dasar wirausaha adalah ....
a. Kemauan
b. Kemampuan
c. Disiplin
d. Ulet
e. Pedidikan Tinggi*
6. Salah satu karakterdan sikap wirausaha adalah kreatif dan inovatif, hal ini ditunjukkan dengan sikap, ....
a. Tidak pernah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik*
b. Selalu mencari hubungan yang baik dengan konsumen
c. Bersikap apriori terhadap masalah yang ada
d. Berani mengambil resiko walaupun mengorbankan semua kekayaan keluarga
e. Suka menyalahkan pekerjaan orang lain
7. Karakter dan sikap wirausaha yang selalu berorientasi pada tugas dan hasil, membuat wirausaha selalu ....
a. Mengutamakan prestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras*
b. Menyukai usaha-usaha yang lebih menantang
c. Memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan
d. Menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya
e. Ingin tampil berbeda dan selalu memanfaatkan perbedaan
8. Self Confidence adalah salah satu sikap yang harus dimiliki wirausaha, yaitu bahwa seorang wirausaha harus ....
a. Berani mengambil resiko
b. Percaya diri*
c. berorientasi pada tugas dan hasil
d. Berorientasi ke masa depan
e. Kreatif dan inovatif
9. Seorang wirausaha harus mampu mempertimbangkan dan membuat rencana-rencana untuk mengatasi setiap resiko yang akan dihadapi, merupakan karakter dan sikap wirausaha berupa ....
a. Kepemimpinan
b. Percaya diri
c. Keberanian mngambil resiko*
d. Berorientasi pada tugas dan hasil
e. Berorientasi ke masa depan
10. Wirausahawan harus memiliki perspektif dan pandangan ke masa depan, memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang, merupakan karakter dan sikap wirausaha yang ....
a. Berorientasi pada tugas dan hasil
b. Berani mengambil resiko
c. Berjiwa kepemimpinan
d. Berorientasi ke masa depan*
e. Percaya diri
11. Penyebab kegagalan orang dalam berwirausaha adalah ....
a. Besarnya rasa takut yang mengubur kemampuan dan kreativitas*
b. Memiliki keahlian dibidangnya
c. Mencoba hal-hal yang inovatif
d. Keberanian mengambil tindakan walau belum tahu resikonya
e. Memiliki semangat juang yang tinggi
12. Dalam perencanaan proses produksi, diperlukan 6 pengelolaan sumber daya usaha yang meliputi ....
a. Man, Money, Instructure, Method, Market, Material
b. Man, Money, Material, Machine, Method, Market*
c. Man, Money, Method, Industry, Market, Material
d. Man, Unity, Comfortable, Money, Method, Market
e. Man, Money, Industry, Method, Instructur, Market
13. Fungsi Market dalam pengelolaan sumber daya usaha adalah ....
a. Memanajemen dalam mencapai tujuan perusahaan
b. Sebagai alat tukar dan alat pengukur nilai
c. Sebagai mekanisme kerja supaya berjalan efektif dan efisien
d. Memasarkan produk dan menyebarkan hasil produksi*
e. Meningkatkan proses produksi
14. Yang dimaksud dengan analisis SWOT adalah ....
a. Suatu kajian alat tukar dan lat pengukur nilai
b. Suatu kajian terhadap modal suatu perusahaan
c. Suatu kajian terhadap pemasaran suatu perusahaan
d. Suatu kajian terhadap mekanisme kerja suatu perusahaan
e. Suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan*
15. Analisis SWOT pada suatu usaha didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif adalah dengan memaksimalkan ....
a. Strength and Opportunity*
b. Money and Market
c. Man and Money
d. Threats and Weaknesses
e. Machine and Method
16. Tujuan analisis peluang pasar atau riset pasar adalah untuk ....
a. Menentukan modal untuk membuat produk
b. Memilih agen untuk menjadi pemasok modal
c. Mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan tentang usaha yang akan dibuka*
d. Mengurangi modal dalam pembuatan produk baru
e. Mengevaluasi peluang pasar untuk menentukan modal yang akan dikeluarkan
17. Menjual produk pada sejumlah konsumen terbatas adalah salah satu metode seorang wirausaha dalam melakukan ....
a. Analisis kelayakan finansial
b. Analisis persaingan
c. Uji coba pasar*
d. Analisis kelayakan teknis
e. Mencari sumber informasi pasar
18. Tujuan seorang wirausaha melakukan studi kelayakan pasar adalah ....
a. Untuk mengurangi resiko kerugian dan kegagalan usaha sebuah produk*
b. Untuk menentukan mitra kerja yang mampu memberikan masukan modal tanpa bunga
c. Untuk mencari modal dengan bunga rendah
d. Untuk mendapatkan pemasok modal
e. Untuk mendapatkan biaya produksi yang rendah
19. Yang dimaksud dengan sumber informasi pasar adalah ....
a. Landasan untuk menentukan sumber daya finansial
b. Informasi untuk mengevaluasi peluang pasar masa sekarang dan yang akan datang dari suatu perusahaan*
c. Riset untuk menemukan pasar yang menguntungkan
d. Uji coba pasar untuk menentukan produk yang akan diproduksi
e. Melaksanakan analisis kelayakan teknis pasar
20. Analisis SWOT pada usaha produk kerajinan didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif adalah dengan meminimalkan ....
a. Man and Money
b. Money and Market
c. Machhine and Method
d. Strenght and Opportunities
e. Threats and Weaknesses*
21. Risiko usaha internal seoang wirausaha adalah ....
a. Limbah industri yang dikeluarkan dari usaha
b. Perubahan kebijakan pemerintah dalam usaha
c. Kehilangan karyawan yang handal*
d. Bahan baku yang sulit dicari
e. Usaha yang berdampak negative pada lingkungan sekitar
22. Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah ....
a. Memiliki banyak pesaing
b. Bermodal besar*
c. Memproduksi satu macam produk
d. Meniru produk yang sudah ada
e. harus bisa mengantisipasi perubahan persaingan
23. Salah satu penyebab kegagalan usaha antara lain ....
a. Memiliki strategi pemasaran yang handal
b. Melakukan strategi yang berbeda dari pesaingnya
c. Hanya memiliki satu pemilik
d. Produk yang akan dihasilkan tidak melalui uji pasar yang akurat*
e. Tidak melakukan usaha yang ilegal
24. Ide yang perlu dikembangkan eorang wirausaha antara lain ...
a. Membuat produk yang diminati konsumen*
b. Memasarkan produk yang kurang diminati konsumen
c. Membuat produk dari bahan yang mudah rusak
d. Menjiplak produk kerajinan yang sudah ada
e. Membuat produk yang tidak dapat memenangkan persaingan
25. Salah satu cara memberdayakan peluang usaha agar menjadi sebuah peluang emas adalah ....
a. Menjadi pengguna produk
b. Menjadi pembuat produk*
c. Menjadi pesaing produk kecil
d. Menjadi konsumen produk
e. Menjadi produsen produk jiplakan
26. Gelombang peradaban ekonomi dimana industri kreatif menjadi penggerak utamanya adalah ....
a. Ekonomi kreatif*
b. Ekonomi maju
c. Ekonomi pertanian
d. Ekonomi industri
e. Ekonomi informasi
27. Industri kreatif dengan usaha inovatif yang menggunakan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru adalah ....
a. Film, Video, dan Fotografi
b. Periklanan
c. Arsitektur
d. Layanan Komputer
e. Riset dan Pengembangan*
28. Kegiatan kreatif yang bekaitan dengan kreasi dan perdagangan, pekerjaan, produk antik, dan hiasan melalui lelang, galeri, dan internet adalah ....
a. Fashion
b. Pasar dan barang seni*
c. Periklanan
d. Seni pertunjukan
e. Layanan komputer
29. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dan dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya adalah ....
a. Desain
b. Arsitektur
c. Pasar dan barang seni
d. Kerajinan*
e. Fashion
30. Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, desain aksesoris serta mode lainnya, sampai dengan konsultasi lini produk, serta distribusi produk adalah ....
a. Kerajinan
b. Seni pertunjukan
c. Fashion*
d. Pasar dan barang seni
e. Arsitektur
31. Industri yang hanya dapat menhasilkan jumlah barang yang terbatas dalam rentang waktu tertentu disebut ....
a. Industri kerajinan*
b. Industri desain
c. Industri ekonomi
d. Industri manufaktur
e. Industri pasar dan barang seni
32. Tahapan produksi secara umum terbagi atas pengolahan bahan atau pembahanan, pembentukan, perakitan, dan ....
a. Marketing
b. Finishing*
c. Promotioning
d. Direct selling
e. Cutting
33. Mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi adalah tahap ....
a. Pemasaran
b. Penyelesaian
c. Pembahanan*
d. Pembentukan
e. Perakitan
34. Selera pasar yang beragam juga akan membuka peluang produk kerajinan untuk memasuki pasar dengan limited edition yang berupa ....
a. Sumber dayanya
b. Jenis materialnya
c. Penetapan harganya
d. Keunikannya*
e. Fungsinya
35. Eksplorasi bahan baku atau material limbah dapat dilakukan dengan cara ....
a. Mencari sumber lain
b. Menawarkan ke pasar
c. Melakukan percobaan
d. Mencari contoh
e. Membeli produk*
36. Rumus untuk menghhitung harga pokok produksi adalah ....
a. Bahan baku dibagi jumlah produk
b. Biaya promosi ditambah biaya karyawan
c. Biaya bahan baku dibagi jumlah bahan tambahan
d. Biaya promosi ditambah biaya karyawan
e. Biaya produksi dibagi jumlah produk*
37. Tahapan produksi secara umum terbagi atas beberapa langkah. tahapan yang benar adalah ....
a. Limbah -> Pembahanan -> Pembentukan -> Perakitan -> Finishing -> Produk*
b. Pembentukan -> Perakitan -> Limbah -> Finishing -> Produk -> Pembentukan
c. Limbah -> Pembahanan -> Perakitan -> Pembentukan -> Finishing -> Produk
d. Limbah -> Pembahanan -> Pembentukan -> Perakitan -> Produk -> Finishing
e. Pembentukan -> Limbah -> Perakitan -> Pembahanan -> Finishing -> Produk
38. Dalam struktur organisasi suatu usaha, yang melakukan Quality Control adalah ....
a. Bagian operasional
b. Bagian produksi*
c. Bagian pembahanan
d. Bagian pemaaran
e. Bagian finishing
39. Dasar proses perancangan produk yang inovatif adalah ....
a. Hasil pengelolaan usaha
b. hasil modal usaha
c. Hasil pengelolaan manajemen
d. Hasil riset pasar*
e. Hasil ketrampilan wirausaha
40. 1) Mengamati kebutuhan masyarakat
2) Proses Produksi
3) Mencari sumber inspirasi
4) Merancang proses produksi
5) Mengolah ide
Tahapan atau proses yang harus dinilai dalam merancang sebuah produk secara berurutan ditunjukan pada nomor ....
a. 3), 1), 5), 2), 4)
b. 1), 3), 5), 4), 2)
c. 1), 5), 3), 4), 2)
d. 3), 2), 1), 5), 4)
e. 1), 3), 5), 4), 2)*
Kok gak ada kunci jawabannya?
BalasHapusKasih kunci jawabanya dong buat belajar kalau kayak gini gk tau jawaban bener nya yg mna
BalasHapusitu yang ada tanda (*) jawabannya
BalasHapus